Minggu, 20 Februari 2011

SANG JUARA

SANG JUARA
Bondan:
Usaplah keringat yang mengalir membasahi keningmu
angkatlah ke atas dagumu yang tertunduk layu
Jangan menyerah..Jangan mengalah
Bangunkan, bangkitkan Semangat Juangmu hingga membara
Yakinkan, pastikan ini puncak segalanya
Berbanggalah karena kau adalah..SANG JUARA!!
Titz:
Kau luapkan energi terhebatmu
terangi bumi dengan peluh semangatmu
hadirkan buih keringat, basuhi raga
basahi kulit, basahi jiwa, lalu busungkan dada
Lezz:
Keringat adalah hasil...
jerih payahmu terbayar dengan semangat yang kau ambil
terbang tinggi menuju awan
dimana kau bisa lupakan semua lawan
Santoz:
Stiap langkah, stiap jiwa di tiap langkah
Mulai bercerita wakilkan smua mimpi2 yang tenggelam
siap menantang bumi
dan..KAU ADALAH PEMENANG!!
Reff:
Bangunkan, bangkitkan Semangat Juangmu hingga membara
Yakinkan, pastikan ini puncak segalanya
Berbanggalah karena kau adalah..SANG JUARA!!

Buat apa menangis, jika masih ada senyum
Buat apa kau mundur, kawan.. jika hidup berjalan maju
Bila kau terjatuh, sgera bangkit dan bangun
Pusatkan fikiran dan tetap melaju
F ke O dan K ke U..S
FOKUS, konstan! Tetap lihat ke depan kawan
genggam erat pegangan, lihatlah titik tuju
raih pusat sasaran, jadilah nomer satu

Bangunkan, bangkitkan Semangat Juangmu hingga membara
Yakinkan, pastikan ini puncak segalanya

Jangan menyerah..Jangan mengalah
Berbanggalah karena kau adalah..SANG JUARA!!

Hey People.. Whatzup?!

ROCK ON THE BEAT

Hey People.. Whatzup?!
This is Bondan Prakoso and Fade 2 Black
Representin’ now.. you check this out..
Yo Titz, hit the beat!
I represent
My name is Santoz
I rock on the mic with Bondan P aRe O
(What a big deal), terserah kau ucap apa
Tak banyak yang kau bisa karna aku punya karya.
Its time to me, my name Lezzano
I Rock on the mic with T.I.T.O. Mono, stereo
I Fuck the beat, Ow!! yo.. yo.. yo.. its time to go.. Aww!!..
Yes.. yes.. ya’ll
We Rock On The Beat
My brother Bondan in it..(in it)
Yes.. yes.. ya’ll.. it’s da rhyme in spit
My man Tito, Beat maker Shit!!
Words are floating in the air
With the tone burns like a flare
Bring the challenge
To the top
Yeah we gonna rock the world and we won’t stop!
This is a song for the downhearted
And you don’t have to worry
‘Coz we’re gonna rock the world!!
it” bondan prakoso ..??..fade2balck it”it Unity…
Yes.. yes.. ya’ll
We Rock On The Beat
My brother Bondan in it..(in it)
Yes.. yes.. ya’ll.. it’s da rhyme in spit
My man Tito, Beat maker Shit!!
……..
Yo ladies and gentlemen. Bondan.. Hit it!!

Bondan Prakoso - Waktu

Bondan Prakoso - Waktu

Ini sepotong kisah, tentang perjalanan seorang insan menapaki jejak kehidupan, dia lahir ke dunia dari keluarga, tidak miskin kurang kaya yo tapi sederhana, ayah berdagang ibu mengasuh dia dirumah, sejak kecil belajar susah hanya bersikap pasrah, sempat sesaat mengenal A.S.i dari ibu, syukuri rahmat dapat singkat nikmat ilmu

brigd: dia takan gentar meski guntur menggelegar, aral melintang tak mampu untuk buat pudar, hanya syukuri anugrah akan nasib dan takdir, dia takan menyerah t'rus berjuang hingga akhir...
Reff: tapakilah jejak diri wujudkanlah mimpi dan yakinlah kan kau raih, lakukanlah dari hati beri yang terbaik, pastikan kau raih

dan kini dia injak usia labil, dia tinggalkan satu masa kala ia kecil, skil, get real, hi can make it berhasil, sekian dari banyak mimpi dalam hati kecil, kecil sebenarnya berarti besar dia terlempar dalam panggung hidup yang kasar, sabarya kawan ini tentang edukasi yang tak terdapat mari sekolah ataupun skripsi

brigd: dia takan gentar meski guntur menggelegar aral melintang tak mampu untuk buat pudar, hanya syukuri anugrah akan nasib dan takdir, dia takan menyerah t'rus berjuang hingga akhir...
Reff: tapakilah jejak diri wujudkanlah mimpi dan yakinlah kan kau raih (berpasrah pada waktu) lakukanlah dari hati beri yang terbaik, pastikan kan kau raih (semua cinta dan mimpi mu)
hanya waktu yang dapat menjawab... Mampukah dia merubah...  Saat semua mimpinya saat dimana jalan-nya lebar terbuka, dia merdeka nyata dan bahagia, dia tertawa di akhir semua usaha, dan percaya jalan tak selalu berliku dan mengerti celah untuk berpacu  reff: tapakilah jejak diri wujudkanlah mimpi dan yakinlah kan kau raih, lakukanlah dari hati beri yang terbaik pastikan kau raih...

Lirik lagu Bondan ft. Fade2Black Microphone XXX

Lirik lagu Bondan ft. Fade2Black Microphone XXX


Saatku.. rasakan aroma senggama
Membelai semua titik indra
Kau.. menari, melepas, sejuta batas goresan di kertas. Perlahan terekam, dan tenggelam
Desisan tanpa kata mulai menerawang
Arungi samudera lewati semua lekukan
Sampai terpejam kita di telan malam
Aku cinta kau temaniku malam ini
Kita saling suka, saling mengerti
Ini hal yang mudah untuk turunan Adam
Hawa tercipta di dunia tuk nikmatkan Adam.
#
Girl.. let’s make it real
Take my hand, come with me
I’ll take you to the moon. Girl
Let’s get out of here
I’ll hold you tight, threat you right, just make love thru the night
Yo sayang, gelora memuncak dalam desiran keringat
Seperti tenggelam dalam rasa vanilla atau coklat
Cold like ice, membuat syaraf terus bergerak
Terus menekan adrenalin, hingga m’nuju puncak
Hangat, menyentuh tubuh, bergumul dengan peluh
Liar, ketika G!! perlahan mulai tersentuh
I’ll take you baby m’nuju alam khayalan
Dimana kita bisa bercinta s’panjang malam.
Back to #
Sex microphone, sex microphone.. Sex microphone, sex microphone sex (4x)
Jejak, kenikmatan yang kita rajut
Mengalir dengan lembut, sampai keujung rambut
Naluri zaman purba, cerita rasa surga
Senggama dengan waktu, aroma Rama-Shinta
Lalu.. tertawa yang bermakna (ha.. ha.. ha..)
Kilatan keringat tubuhmu pancarkan warna.. sinar.. yang s’makin pudar
Diiringi senyummu terlempar.. cinta terbakar
Girl.. let’s get out of here
I’ll hold you tight, threat you right, just make love thru the night

save our soul


BONDAN PRAKOSO & FADE2BLACK – LIRIK LAGU S.O.S (SAVE OUR SOUL)

BONDAN PRAKOSO & FADE2BLACK – LIRIK LAGU S.O.S (SAVE OUR SOUL)

HOME > GUITAR CHORDS & LYRICS > BONDAN PRAKOSO & FADE2BLACK – LIRIK LAGU S.O.S (SAVE OUR SOUL)

Untuk penggemar Bondan Prakoso & Fade2Black, di blog ini akan kami bagikan sebuah lirik dari mereka (Bondan Prakoso & Fade2Black) yang berjudul S.O.S (Save Our Soul). Untuk chord guitar-nya atau kunci gitar Bondan Prakoso & Fade2Black – S.O.S (Save Our Soul) akan segera menyusul di update di blog ini, so jangan sampai ketinggal info selanjutnya dari blog ini. :cendol

Lirik Lagu Bondan Prakoso & Fade2Black – S.O.S (Save Our Soul)

are you ready for changes??(wake up everyone!!)
Prepare your self!
Santoz:
terhimpit pelik strata kasta manusia
masih terjepit lingkungan hitam membuai mata
mereka masuk, melesat, menyebar
dari akar sisa generasi yang tersebar
Lezz:
entah kemana kan ku bawa diriku pergi
karena ku terjebak dalam sistem industri
lahir, sekolah, bekerja, mati
sistem hidupku berpatok pada materi
Titz:
Oy..kobarkanlah api perjuangan
siapa kuat, tancapkan kaki dialah yang bertahan
jangan mundurkan jengkal langkahmu hey, kawan
bersiaplah tuk suatu fase perubahan
Bondan:
Wake up everyone, coz now it’s time to face the revolution
Reff:
SAVE OUR SOUL..we need a new word
SAVE OUR SOUL..ready for changes
SAVE OUR SOUL..
Prepare your self for (REVOLUTION) 2X
Santoz:
ready for everything, It’s a MUST!
ready for fighting, It’s a MUST!
prepare for something..something to prepare
Whole in da wall?? just save our soul
Bondan:
Wake up everyone, coz now it’s time to face the revolution
Reff:
SAVE OUR SOUL..we need a new word
SAVE OUR SOUL..ready for changes
SAVE OUR SOUL..
Prepare your self for (REVOLUTION) 2X

lirik lagu Bondan Prakosa & Fade 2 Black Ya Sudahlah Lyrics

Bondan Prakosa & Fade 2 Black Ya Sudahlah Lyrics
Bondan Prakosa:
Ketika mimpimu yg begitu indah,
tak pernah terwujud..ya sudahlah
Saat kau berlari mengejar anganmu,
dan tak pernah sampai..ya sudahlah (hhmm)

*reff:
Apapun yg terjadi, ku kan slalu ada untukmu
Janganlah kau bersedih..coz everything's gonna be OKAY

Santoz:
yo..Satu dari sekian kemungkinan
kau jatuh tanpa ada harapan
saat itu raga kupersembahkan
bersama jiwa, cita,cinta dan harapan

Lezz:
Kita sambung satu persatu sebab akibat
tapi tenanglah mata hati kita kan lihat
menuntun ke arah mata angin bahagia
kau dan aku tahu,jalan selalu ada

titz:
juga ku tahu lagi problema kan terus menerjang
bagai deras ombak yang menabrak karang
namun ku tahu..ku tahu kau mampu tuk tetap tenang
hadapi ini bersamaku hingga ajal datang

Bondan Prakoso:
Sempat kau berharap keramahan cinta,
tak pernah kau dapat..ya sudahlah
yeeah..dengar ku bernyanyi..lalalalalala
heyyeye yaya dedudedadedudedudidam..semua ini belum *****hir

back to *reff

Fade 2 Black:
satukan langkah..langkah yg beriring!
genggam hati, rangkul emosi!

Bondan Prakosa:
Genggamlah hatiku, satukan langkah kita

Fade 2 Black:
Sama rasa, tanpa pamrih
ini cinta..across da sea

Bondan Prakosa:
peluklah diriku..terbanglah bersamaku, melayang jauh.. (come fly with me, baby)

Fade 2 Black:
Ini aku dari ujung rambut menyusur jemari
sosok ini yg menerima kelemahan hati
yea..aku cinta kau..(ini cinta kita)
cukup satu waktu yes.(untuk satu cinta)

satu cinta ini akan tuntun jalanku
rapatkan jiwamu yo tenang disisiku
rebahkan rasamu..untuk yg ditunggu
BAHAGIA..HINGGA UJUNG WAKTU..

back to *reff 3x

lirik lagu Bondan Prakoso & Fade 2 Black - Tidurlah Lyrics

Bondan Prakoso & Fade 2 Black - Tidurlah Lyrics
tidurlah matahariku
tinggalkan masa harimu

reff:
bila malam datang, dinginkan jiwa ini
tidurlah, oo sayang, esok pasti kan lebih baik

janganlah kau bersedih... (jangan... 4x)
usaplah air matamu... (usap... 3x)

reff:
bila malam datang, dinginkan jiwa ini... (jiwa 2x)
tidurlah, oo sayang, esok pasti kan lebih baik

santoz:
kubawa kau jauh t e r b a n g tinggi
menikmati indah rasa sunyi
sayup kalimat yang membuai sepi
tenang... tenggelam

kini terlelap dan tidurlah hey sayang
kuhantarkan mimpi indahmu teman
tepat berada di gerbang malam
lepas... bebas... tak terbatas

reff:
bila malam datang, dinginkan jiwa ini
tidurlah, oo sayang, esok pasti kan lebih baik (lagi...)

lirik lagu Bondan Prakoso - Kita Slamanya Lyrics

Bondan Prakoso - Kita Slamanya Lyrics
eiyo... it's not the end, it's just beginning

titz:
ok... detak detik tirai mulai menutup panggung
tanda skenario... eyo... baru mulai diusung
lembaran kertas barupun terbuka
tinggalkan yang lama, biarkan sang pena berlaga
kita pernah sebut itu kenangan tempo dulu
pernah juga hilang atau takkan pernah berlalu
masa jaya putih biru atau abu-abu (hey)
memori crita cinta aku, dia dan kamu

santoz:
saat dia (dia) dia masuki alam pikiran
ilmu bumi dan sekitarnya jadi kudapan
cinta masa sekolah yang pernah terjadi
dat was the moment a part of sweet memory
kita membumi, melangkah berdua
kita ciptakan hangat sebuah cerita
mulai dewasa, cemburu dan bungah
finally now, its our time to make a history

reff:
bergegaslah, kawan... tuk sambut masa depan
tetap berpegang tangan, saling berpelukan
berikan senyuman tuk sebuah perpisahan!
kenanglah sahabat... kita untuk slamanya!

satu alasan kenapa kau kurekam dalam memori
satu cerita teringat didalam hati
karena kau berharga dalam hidupku, teman
untuk satu pijakan menuju masa depan

lezz:
saat duka bersama, tawa bersama
berpacu dalam prestasi... (huh) hal yang biasa
satu persatu memori terekam
didalam api semangat yang tak mudah padam
kuyakin kau pasti sama dengan diriku
pernah berharap agar waktu ini tak berlalu
kawan... kau tahu, kawan... kau tahu kan?
beri pupuk terbaik untuk bunga yang kau simpan

back to reff:

bridge:
bergegaslah, kawan... tuk sambut masa depan
tetap berpegang tangan dan saling berpelukan
berikan senyuman tuk sebuah perpisahan!
kenanglah sahabat...

back to reff:

lirik lagu Bondan Prakoso - Tetap Semangat Lyrics

Bondan Prakoso - Tetap Semangat Lyricssantoz:
satu bahasa jutaan makna cerita
satu kata perkata diawal langkah pertama
ini saatnya kita tentukan langkah baru
bergerak maju berwarna dan berdebu
aku disini dan engkau disana... oi!!
bersama coba langkahi semua bendera... oi!!
redam amarah... mari bersuara
bicara bahasa kita dengan banyak cinta... uuu!

lezz:
yea... and it goes like this...

maju bergerak hadapi semuanya
membuka mata lebar "rude boy" haa... lupakan luka
karna untuk terus berada didalam garis
kau tau pasti... jadi orang harus optimis
please, tepislah egois, ku tak perlukan diss...
hanya langkah optimis... realistis?!
menggores tinta dengan sentuhan klasik
membakar jiwa... dengan teknik terbaik!! c'mon!!

reff:
woy... maju tak gentar, membela yang benar
tetap semangat!!
woy... pantang menyerah, terus melangkah
tetap semangat!!

titz:
eiyo kawan, lihat kedepan
tunjukan jalan bagi kita agar bertahan
teruskan... teruskan... errr... teruskan lagi
hingga semua bermakna murni dan abadi
bergeraklah ragaku dan lakukan sesuatu! ooi!
dunia ini begitu ramai dan tak tepat bila kau layu
brraah... braah... brahasilah
rrreeezzpect reerre... rrzzpect pantang menyerah

back to reff:

lirik lagu Bondan Prakoso & Fade 2 Black - Bumi Ke Langit Lyrics

Bondan Prakoso & Fade 2 Black - Bumi Ke Langit Lyrics
yeah... from the sea to the sky...
i see reflection...
check it out... everybody c'mon..

teori simple tak sekompleks teori darwin
tapi tak gampang sperti coba menangkap angin
contoh... standar manusia tapi standar yang mana?
karna semua ingin lebih dari sebelumnya
jika satu tambah satu sama dengan dua
knpa hitunganku slalu saja tidak sama...
mungkin saja karna faktor x
atau mungkin manusia slalu ikuti teks
terkadang anak panahku melesat jauh
terkadang ku tangguh lalu kemudian jatuh
aku coba bangkit meskipun sulit
kecepatan penuh dari bumi ke langit

reff:
ku coba untuk bangkit... bumi ke langit
meski terasa sulit... dari bumi ke langit
terbang melayang... bumi ke langit
dari bumi ke langit... dari bumi ke langit

u... u... u... can see me when i drop...
rise again... i rise again to the top!!!
sperti ku turunkan kepala diatas debu
saat bertemuNya walau jarang lima waktu
mungkin ku rasa apa yang kau rasakan...
dan mungkin kau tau rasanya bila tertekan
sering ku bertingkah seperti charlie caplin
tak banyak bicara, bergerak seperti mesin
smoooth... seperti tanpa gerakan
mereka berfikir mungkin ku tak punya tujuan
aku coba bangkit... meskipun sulit
kecepatan tinggi... dari bumi ke langit

back to reff:

bridge:
yea...

lirik lagu Bondan Prakoso & Fade 2 Black - For All lyrics

Bondan Prakoso & Fade 2 Black - For All lyrics
titz:
brrrap... yoyo... we cumin at ya, straight at ya, yo we back again
bringin up da 3rd sound, boy... now open yer ears
with a 'lil twist like diz... with optimist like this
no more excuse... ready to use... gonna be like diz

lezz:
down wit the best cuz im down wit the beast
the 3rd... (hell yeah) put up ya first up like diz!
my name lezano i've got the funky rhyme...
we doin something new... we doin all the time

reff:
cum on everybody put yer hands up!!

santoz:
hello everybody yo this is how we doit
Mr. B dan F2B yo represent the third family
rezpect and unity
is an icon for the industry
so here we comes the latest for all... can u feel me?
always trying sumthin' different for you we make it real
Mr. B, T.I.T.Z Santoz and lezano
all sound senorita, for all... Pe*****!!

back to reff:

lezz:
bring back the beat B... bring that shit
ive got a full beat on my trunkz... its time to hit!
3 emcee and one beat maker... this is for ya all...
people... juz check it out yo!!

back to reff:

untuk jawaban... yang ku yakin ada diatas...
untuk kenikmatan... yang ku yakin ada diatas...
agar kurasakan... biar kurasakan...
nikmatnya bernafas...
ketenangan...

back to reff: 2x

lirik lagu Bondan Prakosa Good Time Lyrics

Bondan Prakosa Good Time Lyrics
Yea..ough..we back again..
Its Bondan Prakoso & Fade2Black
This is how gonna have some goodtimes together, baby!
Santoz:
This is the time, when I was a 17 in the year of 99
This is the time, when everything look so..so shine

This is not about me
I’m just telling you..hmm.how it be
being young, feel free (oo) living out freakers
like a rock star shit.. Right brother??
mommy, i don’t wanna getting older
so i can get freez and disorder
you wish..yea..i wish..
everything just like..like diz

*Reff:
That is how it goes..the way we have some good times
That is we do it..yeaaah..huhu 2x

Lezz:
Yo..tell ya another story back in 99
Growing in my grey pants, this is the best time
Have someone special, sugar on my school
aku bertingkah sok romantis seperti Doel
Sumbang seperti clown, seperti wayang
Remaja sepertiku kadang ngga berpikir panjang
Breaking all da rulez..breakin all da rulez
i do da bad thing..and I think I’m f***** fool
i aint “crazy legs” but I can rock it steady
walau nakal tetap kontrol..it sounds so preety
come on chek it out..can you feel me??
Good time forever..masa lalu indahku

Back to *Reff

Titz:
Yo memang, rasanya waktu telah lama berlalu
Sejuta kenangan masa lalu pun menyatu
Kuingat pertama kali ku rasakan cinta
Hingga harus terima hukuman orang tua
Yang pasti masa lalu takkan pernah berakhir
Fisik menghilang, tapi cinta kan tetap mengalir
seperti air hujan yang mampu sirami
padang kering yang butuh sentuhan hati
yea..good times, boy.. will never role out, boy
live your life, woy..relax and enjoy!!
dan jika kau sedang merasakan bahagia,
maka kuminta angkat tanganmu ke udaraaaa!!

Good times will never roll out boy..
(Cumin straight from da mout)

lirik lagu Bondan Prakoso and Fade 2 Black- Not With Me Lyrics

Bondan Prakoso and Fade 2 Black- Not With Me Lyrics
Titz
I'm walking up from my summers dreams again
try to thinking if you're alright
then I'm shattered by the shadows of your eyes
knowing you're still here by my side
*reff:
I can see you if you're not with me
I can say to my self if you're OKAY
I can feel you if you're not with me
I can reach you my self, yuo show me the way

life was never be so easy as it seems
'till you come and bring your love inside
no matter space and distance make it look so far
still I know you're still here by my side
back to *reff

Bondan:
yea..you've made me so alive ,you give the best for me..love and fantasy
yeah..and i never feel so lonely, coz you're always here with me..yeah..always here with me
back to *reff
I'm walking up from my summers dreams again
try to thinking if you're alright
then I'm shattered by the shadows of your eyes
knowing you're still here by my side

Minggu, 13 Februari 2011

delco

All About Distributor (Delco) E-mail
Written by Iman   
All About Distributor (Delco)
All About Distributor (Delco)
Pada mobil model lama yang masih menggunakan sistem pengatur pengapian dengan platina, waktu dan pembagian pengapian (Ignition Timing) ke ruang bakar dikerjakan oleh sebuah parts bernama distributor atau dikenal juga dengan sebutan delco.
Sistem kerjanya adalah distributor membagi dan mengatur pengapian yang berasal dari koil untuk disampaikan ke busi pada tiap silinder dengan dibantu platina, kondensor dan rotor yang berada didalam badan distributor. Rotor bertugas membagi arus listrik ke busi tiap silinder sesuai dengan urutan pembakarannya, yaitu 1-3-4-2 (urutan per silinder) jika mesin mobil itu menggunakan 4 silinder dan seterusnya, jadi pengapian tidak bisa berurutan 1-2-3-4.

Tanda Kerusakan DistributorMenurut Rudi Niko yang biasa dipanggil Pak Rudi, mekanik ahli dari bengkel Latimojong Motor dibilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini, “Gejala awal ada kelainan pada distributor serta bagian didalamnya itu menyebabkan mesin tersendat-sendat karena pengapian tidak sempurna atau bisa dibilang pengapian pincang dan bila dipaksakan jalan, ujung-ujungnya mobil akan mogok”.
Ketika berbicara tentang kerusakan distributor berarti meluas menjadi bahasan kerusakan pada sistem pengapian mobil yang bermesin konvensional. “Gejala mesin tersendat paling sering disebabkan adanya kerusakan pada bagian platina karena sudah terbakar dan kondensor yang sudah lemah hingga tidak mampu menyimpan arus listrik ke platina maupun tutup distributor dan rotor yang sudah retak sehingga arus listrik tidak teralirkan ke busi, dan penyebab lainnya itu bisa juga karena koil ataupun busi serta kabel-kabelnya yang sudah rusak, namun jika kerusakan hanya pada kabel busi atau busi, mesin hanya menjadi 'brebet' , tidak langsung mogok dan jika koil atau platina yang rusak, kemungkinan besar mobil bisa mati mendadak atau mogok ”, tambah Pak Rudi kepada SO.

Pengaturan Waktu Pengapian (Ignition Timing)  Menurut Pak Rudi yang telah lebih dari 10 tahun menjadi mekanik mesin khusus mobil ini, langkah pertama pengaturan waktu pengapian itu harus diatur dulu gap platina dengan benar, umumnya tiap mobil memakai ukuran gap itu normalnya sebesar 0,40 mm, selanjutnya baru atur waktu pengapian melalui badan distributor dengan cara mengendurkan dulu baut badan distributor pada blok mesin lalu memutarnya sedikit-dikit searah ataupun berlawanan arah jarum jam hingga mencapai ukuran yang tepat.

Penyetelan waktu pengapian ini biasa disebut dan dikenal dengan menyetel 'na dan voor' distributor, yang dimana 'na' itu untuk memperlambat pengapian, sedangkan 'voor' itu untuk mempercepat pengapian. Untuk ukurannya biasanya atau umumnya standar pengapian mobil itu diatur 5 sampai 10 derajat sebelum top atau titik mati atas (TMA) mesin. Setiap mobil memiliki arah putar 'na dan voor' yang berbeda-beda dan ukuran yang juga berbeda, jadi tergantung dari mobilnya, khusus untuk mobil keluaran Toyota, putarannya 'na' itu searah jarum jam dan 'voor' berarti sebaliknya. Bila pengaturan waktu pengapiannya belum pas maka efeknya mesin mobil akan 'nglitik' (knocking) karena hal ini berhubungan dengan putaran mesin.
Kondensor
Kondensor

Pengaturan 'na dan voor' distributor ini diperlukan keahlian serta pengalaman, karena terkadang ukuran secara teknis bisa saja meleset dan tidak pas, untuk itu biasanya mekanik juga mengandalkan 'feeling' berdasarkan pengalamannya. Jika SO mania merasakan mesin mobilnya tiba-tiba 'nglitik', So mania bisa mencoba untuk melakukan penyetelan waktu pengapian sendiri. Pertama seperti yang telah disebutkan diatas kendurkan dulu bau pengikat distributor ke blok mesin lalu dalam keadaan mesin hidup putar sedikit distributor ke posisi 'na' untuk memperlambat pengapian hingga putaran stabil, setelah itu mobil di gas hingga rpm tinggi, jika masih terdengar bunyi katup 'nglitik' putar sedikit lagi ke arah 'na', dalam hal ini SO mania harus mampu peka terhadap keadaan putaran mesin mobilnya.

Terakhir dari Pak Rudi, untuk menghindari masalah pada mobil yang dapat menyulitkan dan menyebabkan mogok, mobil harus rutin tune up ke bengkel. Terutama untuk menghindari masalah pengapian pada mobil yang masih menggunakan platina, sebaiknya setiap 10.000 sampai 15.000 Km atau setiap kali tune up, platina dan kondensor harus diganti termasuk busi juga jangan sampai terlupakan, jadi jangan tunggu sampai bagian tersebut rusak hingga menyebabkan mogok. Sedangkan untuk tutup distributor (delco) akan lebih baik diganti setelah penggunaan hingga 50.000 Km agar terhindar dari kebocoran arus listrik untuk pengapian.

Thanks to :
Rudi Niko
Latimojong Motor
Jl. Kebon Jeruk Raya, Komp.BPK III No.7A
Phone : 021-5333272

Click Untuk Versi Besar
Click Untuk Versi Besar
Click Untuk Versi Besar
Click Untuk Versi Besar
Click Untuk Versi Besar

Related articles
Newer articles
Older articles
sebab kompressor ac sering mati
Apa jadinya jikalau tiba-tiba AC di rumah atau di kantor anda mati/rusak..!?dan apa yang akan di lakukan…
padahal belum tiba waktunya untuk service AC , api kondisi ruangan tidak dingin sama sekali salah satu penyebabnya 3 unit AC mati, alhasil para pegawainya menjadi tidak konsentrasi dalam berkerja karena sibuk mengelap keringat dan kipas-kipas untuk menghilangkan panas. setelah di check kondisi AC yang mencangkup Indoor dan outdoor AC ternyata kompresor AC overload karena kondensor sangat kotor sekali dan kisi kisi nya nyaris tertup oleh debu sehingga hawa panas dari kompresor tidak dapat terbuang. Arus kompresor menjadi tinggi dari ukuran normal. misalnya AC 1 PK ukuran standar 4 amp menjadi 7-8 amp.
Bila di temukan gejala kerusakan AC yang seperti ini jangan dulu di vonis kompresor AC rusak tapi coba lakukan hal yang mudah dulu :
1. Lepaskan power AC dan buka cover outdoor
2. Dinginkan kompresor dengan kain lap basah
3. Bersihkan Evaporator dengan air bertekanan
4. Ganti kapasitor kompresor sesuai dengan ukuran AC nya.
5. Pasang kembali power AC dan hidupkan AC
Di lihat dulu hasilnya dengan melakukan pengecekan amper dan tekanan freon apakah sudah kembali normal seperti semula, jika outdoor ac bisa hidup lagi berarti AC anda terselamatkan dari kerusakan fatal akibat kompresor rusak karena kelebihan beban (overload), jika sering terjadi kerusakan seperti ini yang di sebabkan kurangnya perawatan AC maka lama kelamaan kompresor pun akan cepat rusak. JAdi biasakanlah melakukan perawatan AC minimal 3-4 bulan sekali.
PLATINA Vs CDI

    Artikel ini memuat tentang cara kerja pengapian mesin mobil (ignition) pada umumnya, baik dengan menggunakan platina maupun dengan menggunakan CDI.Gambar dan artikel ini disadur dari http://www.jetav8r.com/, dan juga tentunya pengalaman pribadi.
Cara kerja pengapian mobil Secara sederhana dapat di lihat pada skema berikut ini :
Ketika kita memutar kunci kontak ke posisi "ON" yang terjadi adalah seperti gambar diatas, yaitu koil mendapat kan aliran " setrum"dari accu yang bermuatan +, kemudian platina (POINTS) dalam posisi terbuka. yang artinya Ujung dari koil yang lain berada dalam posisi  nol.
Ketika kita memulai Starter kita atau ketika mobil kita sudah hidup inilah yang terjadi  :
Platina kita akan mengalami siklus buka tutup.Nah oleh karena siklus buka tutup inilah koil kita menjadi "AKTIF" dan melompatkan "setrum" yang cukup besar ke Busi.
APA ARTINYA KOIL kita AKTIF ????
Penjelasan secara mudahnya demikian : Pada dasarnya alat electronic yang ada di mobil kita membutuhkan setrum muatan Positif + dan negatif - dari aki kita agar dapat aktif. demikian pula dengan koil kita. dia membutuhkan muatan + dan -. ketika kunci kontak dalam posisi "On" terminal koil yang bertanda + sudah di aliri setrum sedangkan terminal koil yang bertanda - masih kosong atau nol. Sesaat setelah kita starter maka posisi platina akan menutup sehingga terminal - mendapatkan aliran muatan - . darimana muatan negatif ini muncul? dari body platina itu sendiri yang di lekatkan pada body mobil kita melalui DELCO dan kabel massa. ketika platina pada posisi menutup artinya muatan negatif-  atau yang sering kita sebut massa dalam bahasa awam, tersalurkan melalui kabel platina menuju koil, sehingga koil aktif dan mengahsilkan lompatan "api" ke busi.
 
Bagaimana koil dapat membuat lompatan api yang besar dengan memanfaatkan sumber yang kecil (12V) ?????
Dengan memanfaatkan Hukum Faraday ==> yang secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :
Apabila sebuah magnet kita gerakan diantara kumparan atau gulungan kawat maka seiring dengan pergerakan magnet itu (sebenarnya medan magnet) maka akan dihasilkan listrik pada kumparan tersebut, dan sebaliknya apabila kumparan kawat pada inti besi kita berikan aliran listrik maka kumparan tersebut akan menghasilkan medan magnet.
Dengan kata lain Perubahan medan magnet pada Kumparan akan menghasilkan aliran listri pada kumparan tersebut!!!!
koil mobil pada umumnya terdiri dari dua kumparan yaitu kumparan primer (dengan jumlah lilitan sedikit) dan juga kumparan sekunder (dengan jumlah lilitan 100X lipat gulungan Primer).
seperti kita melilitkan seutas benang pada gulungan maka hasilnya pasti akan ada dua ujung yang dapat kita temui nah pada gulungan Primer kedua ujung inilah yang akan muncul kepermukaan koil menjadi terminal + dan - pada kepala koil
Maka seperti yang kita bahas sebelumnya ketika koil aktif artinya terminal + mendapat muatan + dan terminal - mendapat muatan - maka kumparan primer ini akan menimbulkan medan magnet yang akan mempengaruhi kumparan sekunder yang posisinya berada didalam kumparan primer. Syarat agar kumparan kedua dapat melompatkan lisrtik maka sesuai hukum faraday harus ada perubahan medan magnet. perubahan medan magnet ini terjadi seiring dengan buka tutupnya Platina/Points.
Dengan jumlah lilitan yang 100 kali lebih banyak dari pada kumparan primer maka tegangan yang dihasilkan secara mudahnya adalah 100X lipat pula. nah tegangan sebesar ini akan mencari sumber massa atau ground atau kutub - terdekat untuk bisa dinetralisir. maka dengan adanya kabel busi dan busi itu sendiri yang salah satu sisinya tertanam pada ground terjadi lah lompatan bunga api yang mampu membakar campuran bahan bakar udara pada ruang bakar mesin.

KONDENSOR
Kita sering di suruh montir2 apabila mengganti platina sekalian ganti kondensornya...betul? apakah fungsi kondensor sebenarnya?
seperti yang kita bahas diatas bahwa setiap terjadi perubahan medan magnet maka akan menghasilkan tegangan pada kumparan, ternyata selain menghasilkan tegangan pada kumparan sekunder yg diteruskan ke busi, medan magnet yang terjadi pada koil juga menghasilkan tegangan pada kumparan primer itu sendiri. Yaitu sebesar +300V, tegangan sebesar ini terjadi ketika posisi Platina/poits terbuka, apabila tegangan ini tidak di netralisasikan atau digrounded maka akan terjadi lompatan bungan api pada platina kita untuk memaksakan tegangan tersebut untuk ke ground.Apabila ini terjadi maka dalam hitungan menit maka platina kita akan hangus dan habis terbakar.
Disinilah Kondensor mengambil peranan, ketika platina posisi terbuka kondensor menampung sementara tegangan tersebut, kemudian ketika platina menutup lagi tegangan tersebut akan dinetralisir atau di grounded lagi.

BALLAST RESISTOR
Balast resistor atau yang dalam bahasa awamnya wheatstone atau restan dan lain2 yaitu berbentuk resistor besar yang terbungkus batu keramik putih terletak diatas resistor. fungsi dari ballast resistor ini adalah penurun tegangan yang masuk ke koil pada saat kendaraan sudah pada kondisi nyala dan berjalan sehingga input ke koil tidak mencapai 12V. hal ini berguna agar koil kita tidak cepat panas dan juga platina tidak cepat gosong. Namun ballast resistor ini tidak digunakan pada saat start pertama. untuk start pertama dibutuhkan api koil yang cukup besar agar dapat membakar campuran bahan bakar dan udara yang masih dingin dan juga pelumasan mesin yang belum sempurna. jadi pada saat starter koil mendapatkan input langsung dari accu sebesar 12V.
untuk jenis jenis koil modern ballast resitor tersebut telah terintegrasi kedalam koil sehingga terletak didalam koil itu. built in internal resistor.
Busi
busi merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pengapian, yaitu sebagai komponen ujung yang melakukan pembakaran campuran bahan bakar udara dalam ruang bakar kendaraan, api melompat dari ujung elekroda busi ke ground busi sehingga terjadilah pembakaran. berikut kutipan gambar2 busi yang normal dan tidak normal beserta penyebabnya :
KELEMAHAN SISTEM PENGAPIAN PLATINA
  1. KE ausan pada platina, semahal2nya platina akan mengalami keausan
  2. terbatasnya input tegangan ke dan output dari koil agar tidak menghanguskan platina
  3. Keterbatasan pada rpm tinggi dikarenakan masih mengharapkan kemampuan mekanik pegas
  4. keterbatasan akibat embun, kotoran dan getaran
KE untungan sistem pengapian platina
  1. Murah
  2. Banyak montir pinggir jalan yang ngerti
Sistem CDI
Capasitive Discharge Ignition
Pengertian mudahnya adalah pemanfaatan alat elektronik berupa transistor dan kapasitor untuk menggantikan sistem pengapian tradisional (platina).

Pada prinsipnya CDI memanfaatkan sebuah sensor yang akan aktif apabila di trigger atau di pantik oleh sesusatu, dalam hal ini sensor akan aktif oleh dadu yang ada di tengah delko kita. Salah satu jenis sensor yang sering digunakan adalah sensor Hall.
Sensor hall memanfaatkan efek hall yaitu lapisan tipis semikonduktor yang diberi arus listrik (vs) akan menghasilkan beda potensial (vout) akibat terjadi perubahan medan magnet secara tegak lurus.
beda potensial yang dihasilkan besarnya adallah Vout= I X B
Contoh gambar diatas sebuah magnet diletakan didepan sensor hall, apabila benda besi diletakan tegak lurus pada magnet tersebut maka medan magnet didepan sensor hall akan berubah, perubahan ini akan menghasilkan beda potensial pada pin Vout, maka lampu LED akan menyala.
Yang terjadi pada delco mobil secara sederhananya adalah seperti gambar dibawah ini   :
Nah Vout dari IC Hall ini akan di Perbesar/amplify dengan rangkaian OP amp. atau sejenisnya untuk dapat digunakan sebagai arus Trigger pada kutub - dari koil. Sehingga setiap arus Vout di keluarkan dari IC hall dapat mengaktifkan koil.
Keuntungan Pengapian Dengan sistem CDI
  1. Karena tidak ada kontak, maka tidak ada yang akan aus untuk sistem pengapian ini (timeless, wearless, )
  2. karena bukan menggunakan sistem kontak maka tidak akan terpengaruh pada kotoran, embun pagi, dan juga getaran.(pagi2 lebih mudah untuk starter)
  3. Dapat menggunakan koil racing dengan nilai hambatan yang rendah yang tidak dapat digunakan pada sistem pengapian platina. jika koil racing digunakan pada platina maka dengan cepat akan menghanguskan platina anda....
  4. Tidak ada lagi setel menyetel platina atau adjustment karena tanpa kontak sehingga jika settingan awal sudah ok maka sistem cdi akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. sehingga tidak ada lagi tune up rutin selain penggantian busi.
  5. CDI : Pengapian lebih biru karena memiliki rangkaian op Amp yang menjamin supply arus ke koil maksimal
  6. CDI : Lebih hijau...karena tidak membutuhkan penggantian yang menimbulkan sampah bekas platina dan kondensor
Contoh pemasangan CDI :
kijang,cdicdi,cj7mercy tiger,cdi
 
tangomotor,tango motor
Kerkurangan sistem pengapian CDI
  1. Rada mahal dikit( tapi kan invest untuk jangka panjang)
  2. Belum banyak montir pinggir jalan yang mengerti sistem ini sehingga munculah alkisah penggunaan cdi ngeri kalo mogok tiba2 gimana?????( gimana mobil2 baru sekarang? udah pada cdi semua bro.....)
FAKTA
Dari 100 mobil CDI yang mogok 95 diantaranya yang rusak bukan CDI nya melainkan KOIL nya.

Sistem pengapian kondensator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sistem pengapian kondensator (kapasitor) atau CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan salah satu jenis sistem pengapian pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya Kumparan pengapian (ignition coil).
Pada Sistem pengapian magneto terdapat beberapa kekurangan, yaitu:
  1. Kumparan pengapian yang dipakai haruslah mempunyai nilai Induktansi yang besar, sehingga unjuk kerjanya di putaran tinggi mesin kurang memuaskan.
  2. Bentuk fisik kumparan pengapian yang dipakai relatif besar.
  3. Pemakaian kontak pemutus (breaker contact) menuntut perawatan dan penggantian komponen tersendiri.
  4. Membutuhkan Pencatu daya yang mempunyai keluaran dengan Beda potensial listrik yang relatif rendah dan Kuat arus listrik yang relatif besar. Hal ini menuntut pemakaian komponen penghubung yang mempunyai nilai Resistansi serendah mungkin.
Walaupun pada nantinya dikembangkan Sistem pengapian transistor atau TSI (Transistorized Switching Ignition) atau TCI (Transistor Controlled Ignition) yang menggunakan transistor untuk menggantikan kontak pemutus, perlahan-lahan kurang diminati seiring dengan kemajuan teknologi.

[sunting] Cara kerja

Awalnya sebuah pencatu daya akan mengisi muatan pada kondensator dalam bentuk Arus listrik searah sampai mencapai beberapa ratus volt. Selanjutnya sebuah pemicu akan diaktifkan untuk menghentikan proses pengisian muatan kondensator, sekaligus memulai proses pengosongan muatan kondensator untuk mencatudaya kumparan pengapian melalui sebuah Saklar elektronik.
Karena bekerja dengan secara elektronik, sebagian besar komponennya merupakan komponen-komponen elektronik yang ditempatkan pada Papan rangkaian tercetak atau Printed Circuit Board (PCB), lalu dibungkus dengan bahan khusus agar terlindungi dari kotoran, uap, cairan maupun panas. Banyak orang yang menyebutnya modul CDI (CDI module), kotak CDI (CDI box), atau "CDI" saja.
Berdasarkan pencatu dayanya, sistem pengapian CDI terbagi menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Sistem pengapian CDI AC yang merupakan dasar dari sistem pengapian CDI, dan menggunakan pencatu daya dari sumber Arus listrik bolak-balik (dinamo AC/alternator).
  2. Sistem pengapian CDI DC yang menggunakan pencatu daya dari sumber arus listrik searah (misalnya dinamo DC, Batere, maupun Aki).
Awalnya sebuah pencatu daya akan mengisi muatan pada kondensator dalam bentuk Arus listrik searah sampai mencapai beberapa ratus volt. Selanjutnya sebuah pemicu akan diaktifkan untuk menghentikan proses pengisian muatan kondensator, sekaligus memulai proses pengosongan muatan kondensator untuk mencatudaya kumparan pengapian melalui sebuah Saklar elektronik.
Karena bekerja dengan secara elektronik, sebagian besar komponennya merupakan komponen-komponen elektronik yang ditempatkan pada Papan rangkaian tercetak atau Printed Circuit Board (PCB), lalu dibungkus dengan bahan khusus agar terlindungi dari kotoran, uap, cairan maupun panas. Banyak orang yang menyebutnya modul CDI (CDI module), kotak CDI (CDI box), atau "CDI" saja.
Berdasarkan pencatu dayanya, sistem pengapian CDI terbagi menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Sistem pengapian CDI AC yang merupakan dasar dari sistem pengapian CDI, dan menggunakan pencatu daya dari sumber Arus listrik bolak-balik (dinamo AC/alternator).
  2. Sistem pengapian CDI DC yang menggunakan pencatu daya dari sumber arus listrik searah (misalnya dinamo DC, Batere, maupun Aki).

[sunting] Bagian-bagian sistem pengapian

Berikut bagian-bagian yang bisa ditemui (atau mungkin beberapa diantaranya kadang-kadang tidak dipakai karena sesuatu hal) di dalam suatu sistem pengapian CDI:
  1. Kumparan pengisian (charging coil).
  2. Kumparan pemicu (trigger/pulser coil).
  3. Penyearah (rectifier).
  4. Baterai (battery).
  5. Sekering (fuse).
  6. Kunci kontak (contact switch).
  7. Kondensator (capacitor).
  8. Saklar elektronik (electronic switch).
  9. Pengatur/penyetabil tegangan (voltage regulator/stabilizer).
  10. Transformator penaik tegangan (voltage step up transformer).
  11. Pengubah tegangan (voltage converter/inverter).
  12. Pelipat tegangan (voltage multiplier).
  13. Kumparan pengapian (ignition coil).
  14. Kabel busi (spark plug cable).
  15. Busi (spark plug).
  16. Sistem pengawatan (wiring system).
  17. Jalur bersama (common line).

[sunting] Catatan

Ada banyak ragam modul CDI dibuat, pada dasarnya harus memenuhi kebutuhan yang diminta kumparan pengapian dan secara tidak langsung harus menunjang pembakaran seoptimal mungkin, dengan cara mengatur besarnya arus, tegangan dan durasi dari proses pengisian dan pengosongan muatan kondensator. Hal ini menentukan besarnya pasokan daya untuk kumparan pengapian dan juga Pewaktuan pengapian (ignition timing).

sistem pengapian

Sistem Pengapian Mobil Terpopuler {Car Ignition System}

 
i
 
6 Votes
Quantcast
Berbagai model dan jenis sistem pengapian mobil, mulai dengan sistem pengapian menggunakan kontak pemutus atau lebih kita kenal dengan PLATINA, TCI, DIS, IDSI sampai pengapian yang dikendalikan oleh ECU /Elektronik Control Unit .
Perkembangan teknologi elektronika begitu cepat pada perindustrian otomotif, walau memang teknologi manual masih tergolong memiliki masa populer panjang, tetapi teknologi elektronik pada sistem pengapian mobil lebih murah dalam perawatannya, modern serta mampu di kontrol/program serta sudah bisa di komputerisasi. Contact Point/ Platina secara manual bekerja untuk memicu koil ignition, dengan cara kerja menggunakan cam/nok untuk menswitch platina ON dan OFF untuk membangkitkan induksi di kumparan sekunder sehingga menghasilkan tegangan tinggi pada output koil ignition. Teknologi ini membutuhkan pemeliharaan yang besar dan berkala, karena ebonit plat kontak bergesekan dengan Cam distributor.

sistem ac

| 0 komentar ]
1. PROSEDUR STANDAR MENYIAPKAN MANOMETER
• Ambil manometer dari tempatnya
• Amati selang dari kesalahan pemasangan, slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) sejajar dengan menometer tekanan tinggi,( berwarna merah ), Slang tekanan rendah ( berwarna biru )sejajar dengan manometer tekanan rendah ( berwarna biru ).dan selang penyalur ( berwarna kuning )berada diantara keduanya.
• Periksa semua kran dari kemungkinan kebocoran.
• Kencangkan semua mur pengunci antara slang dengan manometer

2. CARA MEMVACUM SYSTEM AC

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai sarung tangan, memakai kacamata kerja,masker, baju kerja dan sefty shoes.
• Siapkan manometer sesuai dengan prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) ke katup pelayanan tekanan tinggi ( discharge )
• Hubungkan slang tekanan rendah ( berwarna biru ) ke saluran tekanan rendah ( suction )
• Hubungkan slang penyalur ( berwarna kuning ) ke pompa vacuum
• Pastikan semua mur pengunci menutup rapat saluran-saluran tersebut
• Buka kran saluran tekanan tinggi dan tekanan rendahsehingga gas Freon tidak lagi terdapat pada system AC.
• Setelah system menjadi vacuum lepaskan semua peralatan dari system dengan cara kebalikan dari memasang

3. CARA MENGISI FREON DARI DAERAH TEKANAN TINGGI ( SYSTEM OFF )

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Pastikan system dalam keadaan OFF
• Siapkan manometer sesuai dengan prosedur di no. 1
• Ukur tekanan isi Freon yang ada dalam system.
• Hubungkan slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) pada katup pelayanan tinggi ( D )pada kompresor atau daerah tekanan tinggi.
• Hubingkan slang penyalur ( berwarna kuning ) pada tabung Freon yang berisi Freon cair, dan pastikan tabung Freon berada lebih tinggi dari system, gantungkan tabung Freon tersebut menggunakan neraca pegas.
• Buka kran saluran tekanan tinggi pada manometerdan kran pada tabung Freon disertai dengan mangamati besarnya Freon yang masuk denga cara mengamati neraca pegas.
• Setelah Freon yang masuk dirasa cukup, ( sesuai denga standar ) tutup kembali semua saluran/kran,
• Lepaskan semua peralatan dari system sesuai dengan prosedur ( kebalikan dari langkah memasang )


4. CARA MENGISI FREON DARI DAERAH TEKANAN RENDAH ( SYSTEM ON )

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Pastikan system dalam keadaan ON
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Periksa tekanan Freon dalam system ( apabila hanya menambahkan )
• Hubungkan slang tekanan rendah ( berwarna biru ) pada katup pelayanan rendah ( S ) pada kompresor atau daerah tekanan rendah.
• Hubungkan slang penyalur ( berwarna kuning ), pada tabung Freon yang berisi Freon gas, tempatkan tabung tersebut di bawah system.
• Buka kran saluran tekanan rendah pada manometerdan kran pada tabung Freon disertai denga mengamati besarnya Freon gas yang masuk ( standar : 1,5 – 2 bar )
• Setelah dirasa cukup tutup kembali semua kran pada saluran tekanan rendah dan tabung Freon
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar.

5. MENGECEK SYSTEM PADA SAAT OFF


• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ke katup pelayanan tekanan tinggi ( D ),Pastikan bahwa kran tertutup rapat.
• Hubungkan slang tekanan rendah ke katup pelayanan tekanan rendah (S ) dan pastika kran tertutp denga rapat.
• Sistem yang normal mengindikasikan di saluran tekanan tinggi maupun tekanan rendah adalah “ SAMA “, missal tekanan di salutran tekanan tinggi adalah 1 bar maka tekanan di saluran tekanan rendah adalah 1 bar.
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar

6 . MENGECEK SYSTEM PADA SAAT ON


• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ke katup pelayanan tekanan tinggi ( D ),Pastikan bahwa kran tertutup rapat.
• Hubungkan slang tekanan rendah ke katup pelayanan tekanan rendah (S ) dan pastika kran tertutp denga rapat.
• Pada RPM mesin 1000, di saluran tekanan rendah tekanannya = 1.5 bar - 2 bar.
• Pada RPM mesin 1500 di saluran tekanan tinggi tekanannya = 14 bar -14,5 bar.
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar

Contoh dari rangkaian AC pada kendaraan



Posting Yang Berhubungan

Cara Memvacum sistem AC
    Mengecek sistem AC
      Cara mengisi freon

      Cara PERBAIKAN MOTOR STARTER

      oleh: KANGGURU     Pengarang : TOYOTA MOTOR CORPORATION
       
      Pemeriksaan MOTOR STARTER Kendaraan
      Motor starter merupakan bagian yang sangat penting dari kendaraan, jika terjadi kerusakan kita akan dibuat kerepotan olehnya. Agar kita tahu letak kerusakan juga nggak dikibulin oleh bengkel "nakal" maka perlu sekali kita tau cara pemeriksaan motor starter. Dari berbagai "artikel" kendaraan yang saya pelajari dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan motor starter meliputi :
      1. Pemeriksaan Komutator, meliputi : a. Pemeriksaan kebersihan dari komutator
      jika kotor bersihkan dengan amplas ukuran # 400
      b. Run Out
      jika keolengan melebihi 0,05 mm ratakan dengan mesin bubut
      c. Kedalaman alur
      jika kedalaman alur kurang dari 0,2 mm perbaiki dengan mata gergaji

      2. Armature coil, meliputi :
      a. Kontinuitas kumparan
      kondisi baik bila ada kontinuitas antar ujung kumparan
      b. Ground test
      kondisi baik bila tidak ada kontinuitas

      3.
      Field coil, meliputi :
      a. Periksa kontinuitas srikuit field coil
      kondisi baik bila ada kontinuitas antar ujung kumparan
      b. Ground test, baik bila tidak ada kontinuitas

      4. Sikat,
      meliputi :
      bila panjang sikat kurang dari 8,0 mm maka sikat harus diganti

      5. Pemegang sikat

      pastikan pemegang sikat (+) dengan (-) tidak ada kontinuitas

      6.
      Magnetic switcha. Kembalinya plunyer
      kondisi baik bila plunyer ditekan segera kembali
      b. Pull in coil test
      periksa hubungan antara terminal 50 dengan C.kondisi baik bila ada kontinuitas.
      c. Hold in coil test
      periksa hubungan antara terminal 50 dan body. jika ada kontinuitas berarti Baik

      7. Pemeriksaan Tanpa beban

      jika pemeriksaan awal dari 1 sampai 6 telah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji tanpa beban. maksudnya disini adalah pemeriksaan motor starter tanpa dipasang pada kendaraan. adapun pemeriksaan ini dilakukan dengan :

      a. menghubungan terminal negatif baterai dengan body motor starter
      b. Menghubungkan terminal positif baterai dengan terminal 30 motor starter (biasanya baut terminal 30 lebih panjang dibanding dengan baut terminal C)
      c. Sebagai gantinya kunci kontak maka hubungkan terminal 30 dengan terminal 50.
      d. Ketika terminal 30 dihubungkan dengan terminal 50 maka pada plunyer akan terlempar dilanjutkan dengan berputar.
      Apabila kondisi ini kita jumpai pada saat pemeriksaan akhir motor starter maka dapat disimpulkan motor starter dalam kondisi baik.
      naaah ............. mudah kan.....


      Lebih lanjut tentang: Cara PERBAIKAN MOTOR STARTER

      artikel master rem

      Deteksi Masalah Pada Booster Rem E-mail
      Written by Galih   
      Booster rem
      Booster rem
      Rem merupakan salah satu alat yang paling vital dalam berkendara yang berfungsi untuk mengontrol, memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Tentunya apabila pada bagian ini terjadi masalah, bisa berakibat sangat fatal terhadap keselamatan mengemudi. Untuk melakukan pengereman pada keempat roda mobil hanya diserahkan pada satu brake pedal (pedal rem), sehingga  dibutuhkan komponen tambahan yaitu Booster Rem (brake booster) yang berfungsi untuk memperingan kerja pedal rem dengan cara meningkatkan daya dorong pedal rem yang memanfaatkan kevakuman intake manifold pada saat mesin hidup.
      Karena kinerja dari brake booster sendiri sangat berat, maka tidak ada salahnya untuk memperhatikan apakah terjadi kerusakan apa tidaknya. Kerusakan yang ada pada booster rem pun tidak bisa dilihat kasat mata karena biasa terjadi pada komponen dalamnya dan biasanya ada pada bagian klep dan sil-nya. Nah untuk mendeteksi apakah booster rem pada kendaraan anda terjadi kerusakan atau tidak, berikut ini adalah cara-cara untuk mendeteksinya :
      1. Putar kunci kontak pada posisi OFF (mesin mati).
      2. Kocok (tekan-lepas) pedal rem secara berulang untuk mendapatkan posisi pedal rem tertinggi (kaki tetap menekan pedal rem).
      3. Hidupkan mesin.
      4. Pada saat mesin distarter untuk menyalakan mesin, jika booster rem dalam keadaan normal maka pedal rem akan turun dengan sendirinya (posisi kaki tetap menekan pedal rem).
      5. Kemudian matikan mesin.
      6. Pada saat mesin mati, maka pedal rem harus tetap posisi pada terbawah, dan pedal harus akan naik apabila anda melakukan pengocokan kembali, jika anda mengalami hal pedal rem tidak naik kembali, berarti ada masalah pada booster rem mobilnya.
      “Saat sedang mengemudi, anda juga dapat mendeteksi jika booster rem mengalami masalah, biasanya gejala ditunjukkan ketika melakukan pengereman pedal rem naiknya lambat atau biasanya ada bunyi angin seperti bocor/ngempos dan kadang-kadang jika tidak ada suara yang keluar, biasanya ketika menginjak pedal rem akan terasa keras dan tetap rem maksimal atau bahkan tidak dapat sama sekali melakukan pengereman”, terang Wawan, mekanik dari bengkel mobil Berdikari.

      Jika sudah menunjukkan gejala seperti itu pada saat melakukan pengereman, segera mobil anda dibawa kebengkel untuk diperiksa booster remnya, tapi sebagai antisipasi darurat sebelum mendapatkan bengkel untuk memperbaiki atau mengganti booster rem, anda dapat mengakali master rem dengan diganjal tapi itupun tidak bertahan lama. Jadi apabila kerusakan sudah terdeteksi oleh bengkel, sebaiknya segera ganti booster rem demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.