Minggu, 30 Januari 2011

ARTIKEL OTOMOTIF

1. Siklus 2-Tak Mesin Diesel

Oleh: Jayan Sentanuhady
Motor diesel dikategorikan dalam motor bakar torak dan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine). Penggunaan motor diesel bertujuan untuk mendapatkan tenaga mekanik dari energi panas yang ditimbulkan oleh energi kimiawi bahan bakar, energi kimiawi tersebut diperoleh dari proses pembakaran antara bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.
double_piston.pngPada motor diesel ruang bakarnya bisa terdiri dari satu atau lebih tergantung pada tujuan perancangan, dan dalam satu silinder dapat terdiri dari satu atau dua torak.
Tekanan gas hasil pembakaran akan mendorong torak yang dihubungkan dengan poros engkol menggunakan batang torak, sehingga torak dapat bergerak bolak-balik (reciprocating). Gerak bolak-balik torak akan diubah menjadi gerak rotasi oleh poros engkol. Dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol juga diubah menjadi gerak bolak-balik torak pada langkah kompresi.

Berdasarkan cara menganalisa sistim kerjanya, motor diesel dibedakan menjadi dua, yaitu motor diesel yang menggunakan sistim airless injection (solid injection) yang dianalisa dengan siklus dual dan motor diesel yang menggunakan sistim air injection yang dianalisa dengan siklus diesel sedangkan motor bensin dianalisa dengan siklus otto.
Diagram P-V siklus diesel dua langkah
pv_diesel_2stroke.pngPerbedaan antara motor diesel dan motor bensin yang nyata adalah terletak pada proses pembakaran bahan bakar, pada motor bensin pembakaran bahan bakar terjadi karena adanya loncatan api listrik yang ditimbulkan oleh dua elektroda busi, sedangkan pada motor diesel pembakaran terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar hingga mencapai temperatur nyala akibat kompresi torak. Karena prinsip penyalaan bahan bakarnya

2. Siklus 2-tak Mesin Diesel (part-2)

Oleh: Jayan Sentanuhady
Sebelum membaca artikel ini silahkan baca terlebih dahulu artikel Siklus 2-tak Mesin Diesel (part-1) dan artikel tentang pembilasan searah.
Motor bakar yang beroperasi dengan siklus operasi dua langkah digambarkan sebagai berikut :
2tak_diesel_engine.gif
a. Langkah Pembilasan dan Kompresi
Pada awal langkah ini udara masuk silinder melalui lubang masuk pembilasan (port scavenging) yang terdapat di bagian bawah silinder. Lubang ini akan terbuka saat torak bergerak ke bagian bawah mendekati TMB dan akan tertutup saat torak bergerak ke atas meninggalkan TMB.

Pada saat lubang pembilasan tertutup oleh torak yang bergerak ke atas menuju TMA dan katup buang juga tertutup maka dimulailah proses kompresi. Gerakan torak ke atas akan menyebabkan tekanan udara dalam silinder meningkat sehingga temperatur udaranya juga naik. Dan beberapa derajat sebelum torak mencapai TMA bahan bakar mulai disemprotkan (dikabutkan) dengan injektor kedalam silinder, karena temperatur udara sangat tinggi sehingga bahan bakar yang dikabutkan tersebut akan terbakar.
Proses pembakaran ini akan menyebabkan kenaikan tekanan dan temperatur gas secara drastis, kondisi maksimal akan terjadi beberapa saat setelah torak mulai bergerak ke bawah. Gas bertekanan tinggi ini akan mendorong torak bergerak ke bawah dan melalui batang torak akan memutar poros engkol.
 akibat tekanan maka motor diesel juga disebut compression ignition engine sedangkan motor bensin disebut spark ignition engine.

3. Mesin Diesel Berbahan Bakar Campuran Bensin dan Solar Janjikan Teknologi Ramah Lingkungan

Rabu, 19 Agustus 2009 - 14:26:22
Tim PlanethijauMesin Diesel Berbahan Bakar Campuran Bensin dan Solar Janjikan Teknologi Ramah Lingkungan
Sebuah penelitian telah dilakukan oleh University of Wisconsin di Madison tentang kemungkinan membuat sebuah resep baru bagi mesin diesel dengan mencampurkan solar dan bensin sebagai bahan bakarnya.

Menurut Rolf Reitz, profesor di Teknik Mesin dan sekaligus ketua tim peneliti dari universitas tersebut mengatakan, bahwa pada dasarnya mesin diesel tersebut bekerja dengan menggunakan injeksi solar untuk membantu menyulut bensin di dalam ruang kompresi mesin.

Dalam kondisi beban berat, sebuah truk dengan mesin diesel yang diuji menyerap bahan bakar dengan campuran bensin sebanyak 85% dan 15% solar. Sedangkan dalam kondisi beban ringan, persentase tersebut meningkat menjadi 50%-50%. Dalam kondisi mesin diesel konvensional, campuran bahan bakar tersebut tidak akan terbakar karena bensin menjadi kurang reaktif dan tidak mudah terbakar. Tetapi dengan menerapkan resep yang dibuat oleh Reitz, pencampuran kedua bahan bakar tersebut akan mendapatkan proporsi yang sesuai untuk memudahkan pembakaran.

Dalam presentasinya di Diesel Engine-Efficiency and Emissions Research Conference yang diselenggarakan departemen energi Amerika Serikat, Reitz menjelaskan bahwa resepnya bekerja dengan menerapkan formula yang tepat untuk menghasilkan proses pembakaran, berdasar pada waktu dan banyaknya bahan bakar solar diinjeksikan.

Reitz dan timnya mengembangkan strategi tersebut dengan bantuan komputer canggih untuk melakukan proses simulasi dan modeling. Ada beberapa keuntungan yang didapat dengan menggunakan metode tersebut, antara lain berkurangnya bahan bakar yang terbuang keluar melalui knalpot karena optimalnya campuran yang terjadi, yang berarti juga rendahnya emisi polutan serta meningkatnya efisiensi sebesar 20% karena campuran bahan bakar bisa bekerja pada temperatur rendah.

Jika hasil riset University of Wisconsin tersebut bisa diterapkan pada kebanyakan mesin diesel, maka setidaknya emisi yang dihasilkan kendaraan-kendaraan dan angkutan-angkutan besar yang banyak menggunakan mesin diesel bisa jauh berkurang.[university of Wisconsin]
4. PengenalanPompa bahan bakar digunakan untuk memasok bahan bakar ke sistem injeksi bahan bakar atau karburator, tergantung tahun kendaraan. kendaraan yang lebih tua menggunakan pompa bahan bakar mekanis untuk memberikan bahan bakar bertekanan rendah ke karburator, sedangkan kendaraan dengan sistem injeksi memerlukan pompa listrik yang digunakan untuk menghasilkan bahan bakar bertekanan tinggi yang diperlukan untuk membuat sistem bekerja dengan efisien. sistem bahan bakar injeksi lebih efisien dibandingkan dengan sistem bahan bakar karburator dan dapat beroperasi dengan baik dalam kondisi ekstrim, selain itu juga lebih dapat diandalkan saat start up.
Typical Electric Fuel Pump
Sederhananya, tujuan dari sebuah pompa bahan bakar adalah untuk menarik bahan bakar dari tangki bahan bakar kemudian mengirimkannya ke sebuah injektor bahan bakar atau karburator. Mesin kendaraan beroperasi dengan cara pompa mekanis atau melalui sistem injeksi.
Typical Fuel Injection System
Pompa mekanik
Sebelum digunakan electronic fuel injection, pada mesin dengan sistem pengabutan digunakan pompa bahan bakar mekanik untuk memindahkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke bagian karburator. Namun, dengan bergesernya sistem pengabutan dari karburator ke sistem injeksi, pompa bahan bakar mekanik semakin sering diganti dengan pompa bahan bakar listrik. Hal ini disebabkan karena sistem injeksi bahan bakar elektronik umumnya berjalan lebih efektif pada tekanan bahan bakar lebih tinggi dari pompa mekanikCara kerja pompa mekanis ini sederhana. terdiri dari diafragma karet yang diapit dua bagian rumah dan ditekan oleh semacam lengan.

camshaft memiliki eksentrik yang dirancang untuk beroperasi lengan tuas pompa. titik titik tumpu Lengan adalah sangat dekat dengan bagian yang actuates diafragma, sehingga sangat sedikit gerakan lengan pada hasil camshaft dalam gerakan yang signifikan dari diafragma. Setiap putaran 360 derajat dari hasil camshaft dalam satu siklus lengkap dari diafragma itu sendiri.
diafragma mendorong, bensin bertekanan dan pindah dari pompa dan ke garis bahan bakar ke karburator. Tekanan bahan bakar ini biasanya dirancang untuk menjadi 2-6 psi, tergantung pada produsen. Sebagai lengan tuas memungkinkan diafragma untuk kembali ke posisi istirahat nya, satu arah katup dalam tubuh mencegah kembalinya pompa bahan bakar dari karburator dan membuka jalan bagi bahan bakar yang diambil dari tangki gas. Kekosongan yang diciptakan oleh gerakan diafragma yang menarik bahan bakar ke ruangan.
Fuel Injected Pumps
Pompa injeksi, yang biasanya lmenggunakan sistem elektrik, terletak di dalam tangki bahan bakar atau di dekat tangki bensin untuk mempertahankan jumlah bahan bakar dan untuk memanfaatkan bahan bakar dalam tangki sebagai pendingin pompa. Bahan bakar pompa injeksi adalah bagian dari sistem elektronik, yang berarti bahwa mereka dikendalikan oleh sistem komputer yang memegang peranan penting, termasuk rasio udara-bahan bakar, kandungan gas buang dan posisi throttle yang sebenarnya.

Pompa bahan bakar dengan sistem injeksi adalah pompa submersible dengan magnet permanen motor listrik. Bahan Bakar memasuki tabung inlet pompa setelah melewati filter gaya kaus kaki dan didorong melalui pompa dengan motor ke stopkontak.
Ini terdiri dari motor, pompa roller baling-baling, sebuah peredam bahan bakar, dan katup buang untuk mencegah kerusakan sistem dari kelebihan tekanan.
pompa ini berisi check valve tunggal di sisi output yang membatasi pergerakan bahan bakar di kedua arah, menjaga tekanan sistem bahan bakar, biasanya, pada 40-45 psi saat pompa tidak dioperasikan, sehingga tekanan bahan bakar harus dibebaskan sebelum melayani sistem bahan bakar .
Kerusakan Pompa Bahan Bakar
Ada beberapa alasan mengapa pompa bahan bakar Anda mengalami kerusakan, baik itu pompa elektrik atau mekanik. Pompa bahan bakar elektrik dapat mengalami keausan pada angker, brushes atau bearing. Selain itu, roller roda gigi dan baling-baling pompa juga dapat mengalami keausan. Hal ini akan menyebabkan kehilangan tekanan secara bertahap dan kinerja mesin akan menurun. Beberapa penyebab kerusakan pompa bahan bakar dapat dikarenakan karat atau kotoran yang melewati inlet filter yang dirancang untuk menyaring sedimen ini. Ketika ini terjadi pompa bahan bakar tidak dapat bekerja karena adanya kontaminan yang telah masuk ke pompa dan dapat menyebabkan macet. Hal ini akan menghasilkan panas yang berlebih dan akan menyebabkan motor terbakar. Kadang-kadang sebuah pompa bahan bakar tidak akan bekerja dengan baik jika tidak diberikan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan. pompa bahan bakar kendaraan Anda bergantung pada bahan bakar untuk mendinginkan dan melumasinya. Kekurangan bahan bakar akan dapat menyebabkan pompa bahan bakar kendaraan Anda mengalami kerusakan sebelum waktunya. Pada pompa bahan bakar dengan sistem mekanik biasanya diafragma yang digunakan sebagai pompa akan pecah atau sobel, dan akan menyebabkan kebocoran sejumlah kecil bahan bakar eksternal atau tidak dapat menghasilkan tekanan.
How to Replace a Fuel Pump
Untuk mengganti pompa bahan bakar Anda langkah pertama dengan tangki hampir kosong. rem parkir diaktifkan dan ganjal rodanya. Kemudian angkat kendaraan dengan paling tidak dua jack untuk keselamatan dan lepas leher pengisi dari tangki bahan bakar itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan melepas klem selang yang memegang selang ke tangki bahan bakar. Kemudian lepas bagian belakang atau depan baut yang mengikat tangki bahan bakar kendaraan. Langkah selanjutnya lepas konektor kabel yang harus terputus sebelum melepas baut penyangga lainnya. Sekarang Anda dapat melepas pompa bahan bakar dari tangki dan memasukkan pompa pengganti. Ketika mengganti pompa bahan bakar Anda memilih jenis pompa yang sama. Instalasi berbagai jenis pompa pengganti dapat membuat kesulitan. pompa bahan bakar Anda merupakan komponen vital dari sistem bahan bakar, sehingga listrik, aliran dan karakteristik tekanan harus dalam spesifikasi dengan sistem sisa kendaraan Anda. Penggantian pompa bahan bakar yang berbeda dengan jenis lain dapat mengakibatkan ketidakcocokan, daya tahan yang rendah, kebisingan, dan yang terpenting masalah mesin, kinerja. Selalu periksa tekanan sistem bahan bakar setelah penggantian pompa bahan bakar. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengganti filter bahan bakar dan relay pompa bahan bakar ketika menggantikan pompa, karena ampere exstra pompa tua dapat merusak relay.
Fuel Injection Pressure and Pressure Regulator Test
Fuel Pump Best Practices
Saat memilih pompa bahan bakar yang benar untuk mesin kendaraan Anda, pastikan untuk memiliki ukuran mesin, tahun, membuat dan model kendaraan Anda. Setelah informasi ini berguna akan memungkinkan Anda mendapatkan pompa bahan bakar yang dikalibrasi khusus untuk spesifikasi performa mesin anda. Selain itu, pastikan tangki bahan bakar yang bersih. Anda harus memeriksa tangki bahan bakar dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada kotoran atau karat di dalam dan membersihkannya jika diperlukan. Pastikan untuk memeriksa saluran bahan bakar untuk kebersihan. Alasan ujian ini adalah untuk mencegah penyebab paling lazim kegagalan sistem bahan bakar, kotoran. Ambil beberapa menit ekstra tambahan dan mengganti filter bahan bakar ketika mengganti pompa.
Basic Maintenance
Pemeliharaan preventif utama yang dapat Anda lakukan untuk sistem injeksi bahan bakar adalah dengan menjaga throttle body tetap bersih dan melakukan penggantian saringan bahan bakar Anda secara berkala.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar